SEKBER KOTA LANGSA GELAR KOORDINASI PENGEMBALIAN FUNGSI HUTAN LINDUNG KEUMUNING

Jumat, 07 September 2018 Pemerintahan

Oleh admin_jdihlgs

Sekretariat Bersama (SEKBER) Kota Langsa menggelar rapat koordinasi rencana aksi pengembalian fungsi dan peruntukan kawasan hutan lindung keumuning kamis (12/07) di Aula Setda Kota Langsa.

Rapat dihadiri dari berbagai unsur yang tergabung dalam Sekber tersebut diantaranya, Asisten III Pemko Langsa, Kadis DLH Pemko Langsa, Kabag Hukum, WWF Indonesia-Aceh Sumatera, Sheep Indonesia, LSM CAKRA Donya, Walhi Aceh, FKSD langsa, Mahasiswa serta komunitas Jurnalis Lingkungan.

Pembentukan Sekber tersebut menyikapi terjadinya pengurangan luas hutan lindung keumuning akibat penebangan liar dan alih fungsi hutan menjadi kebun (deforestasi).
Hasil pemetaan yang dilakukan oleh Walhi Aceh dan Investigasi LSM Cakra Donya Langsa menunjukkan bahwa hutan lindung keumuning kini telah beralih fungsi menjadi kebun sawit, kebun karet dan kebun palawija.

Hutan Lindung Keumuning Kota Langsa memiliki luas 1.050 ha dan saat ini menyisakan 784, 26 ha atau 74,69% luasan yang masih berfungsi sebagai hutan lindung.
Ketua Sekber Kota Langsa Alfian, SH menyebutkan, pihaknya akan terus melanjutkan langkah-langkah rencana kerja yang telah disusun serta mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya hutan dimasa yang akan datang dengan memanfaatkanhutan bersama-sama tanpa merusak hutan tersebut.
Dalam rapat tersebut membahas sejumlah aspek hukum, aspek lingkungan hidup serta aspek sosial dan ekonomi.