Focus Group Discussion (FGD) II terkait Pembahasan Ranqanun Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Langsa

Sabtu, 08 September 2018 Pemerintahan

Oleh admin_jdihlgs

Focus Group Discussion (FGD) II terkait Pembahasan Ranqanun Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Langsa


SELASA, 4 September 2018 di Hotel Harmoni, diadakan rapat tentang Focus Group Discussion (FGD) II terkait penyusunan Rancangan Qanun Kota Langsa tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, rapat ini dipimpin oleh Kabag Hukum Setda Kota Langsa.
Rapat ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kasatpol PP Kota Langsa, Kadis Kesehatan Kota Langsa, Kadis Lingkungan Hidup Kota Langsa, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Langsa, Kasubbbid Infrastruktur BAPPEDA, Bagian Organisasi Setda Kota Langsa, Bagian Hukum Setda Kota Langsa, Tim Satker PSPLP Aceh, Konsultan Daerah dan Konsultan pusat. Focus Group Discussion II dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari FGD I terkait dengan pemaparan dan pembahasan konsep Naskah Akademik, hal-hal yang disepakati dalam FGD II ini antara lain :

Aspek peraturan :
1. Penyusunan Peraturan Menteri tentang pengelolaan air limbah domestik untuk melindungi air tanah dari pencemaran air limbah domestik dan baku mutu air limbah.
2. Penyusunan Pola kemitraan pemerintah swasta untuk pengangkutan lumpur tinja dari septik tank ke IPLT.

Aspek kelembagaan
1. Penyusunan Lembaga pengelola SPALD berbentuk UPTD dan / atau UPTD-BLUD dan Perusahaan Daerah/BUMD;

Aspek peran serta masyarakat
1. Pemerintah Daerah mengatur dalam memberikan insentif dan desinsentif kepada masyarakat yang berperan dalam pengelolaan air limbah domestik.
2. Meninjau kembali saknsi administratif terhadap pelanggaran terhadap pengelolaan air limbah domestik.
3. Pemberlakuan qanun 1 (satu) tahun sejak diundangkan.